RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN Krapyak 1
Tema : Pengalaman
Kelas / Semester : 1(Satu) / 2(Dua)
Alokasi Waktu : 1 X 35 Menit
Pertemuan ke- :
5

A.
Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng
IPS
2. Mendiskripsikan lingkungan rumah
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal/gambar seri sederhana dengan bahasa yang
mudah diengerti
IPS
2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di
lingkungan keluarga
C.
Indikator
Bahasa Indonesia
6.1.1 Menjelaskan isi gambar tunggal
sederhana menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
IPS
2.1.1 Menceritaka peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan
keluarga
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui gambar pengalaman bersama keluarga siswa
dapat menjelaskan isi gambar tunggal sederhana menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
dengan baik
2. Melalui metode Think pair and sharing siswa dapat menceritakan
peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga dengan baik

|
E.
Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Menjelaskan isi gambar sederhana
IPS
Peristiwa penting di lingkungan keluarga
F.
Metode Pembelajaran
1.
Example non
Example (Contoh dengan gambar)
2.
Tanya Jawab
3.
TPS (Think
Pair and Sharing)
4.
Penugasan
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (
5menit)

a) Sebelum memulai pelajaran, semua siswa berdoa terlebih dahulu sesuai
dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. (Religius)
b) Guru melakukan presensi kehadiran siswa (disiplin)
c) Guru menanyakan kabar siswa dan mengecek kesiapan
siswa untuk mengikuti pelajaran (peduli)
d) Guru menyampaikan tema pembelajaran yaitu “Pengalaman” (Terbuka)
e) Guru memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa melalui tanya jawab sebelum masuk ke materi (rasa ingin tahu):
“Anak-anak
siapa yang punya pengalaman bersama keluarga?”
“Seperti apa pengalamanmu tersebut?”
“menyenangkan atau menyedihkan?”
“Mengapa kalian ingat dengan pengalaman tersebut?”
2. Kegiatan Inti (
20 menit)

Eksplorasi
a)
Siswa
diperlihatkan gambar “pengalaman vandi
saat berlibur dengan keluarga di pantai” (rasa
ingin tahu)
b)
Siswa
mengamati gambar tersebut dan bertanya jawab dengan guru mengenai isi gambar
tersebut (rasa ingin tahu)
c)
Guru memimpin
tanya jawab tersebut dengan memberikan pancingan-pancingan pada siswa, seperti
d)
“Gambar
apakah ini?, apa yang dilakukan vandi dalam gambar tersebut?, Dengan siapa
vandi? Dimana vandi dan keluarganya berlibur?” (rasa ingin tahu)
e)
Siswa
memikirkan jawaban dari pertanyaan guru tersebut dengan bantuan dari guru. (rasa ingin tahu)
Elaborasi
a) Siswa dibentuk berpasangan (Kerjasama)
b) Siswa diberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk
petunjuk pengerjaan siswa tetapi guru harus tetap membacakan petunjuknya (Keterbukaan)
c) Siswa diminta menceritakan gambar suatu pengalaman
pada gambar dengan kalimat yang sederhana kemudian bercerita dengan pasangannya
tentang pengalaman yang dialami dengan keluarganya (Gigih)
d) Kemudian berganti peran siswa yang mendengarkan
bergantian bercerita, dan siswa yang bercerita bergantian mendengarkan (Gigih)
e) Guru menawarkan pada siswa yang ingin menceritakan
suatu pengalaman dalam gambar dan bercerita pengalamannya didepan kelas dengan
cara angkat tangan terlebih dahulu (berani
dan tanggung jawab)
Konfirmasi
a)
Siswa bersama
dengan guru membahas cerita peristiwa penting di lingkungan keluarga(rasa ingin tahu)
b) Siswa yang maju menerima reward dari guru berupa
koin bintang. (menghargai prestasi)
3.
Kegiatan Penutup (
0menit)

a) Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. (rasa ingin tahu)
b) Siswa bersama dengan guru menyimpulkan materi yang
telah dipelajari. (disiplin)
c) Siswa mengerjakan uji kompetensi untuk mengukur
tingkat pemahaman siswa dalam menguasi materi, setelah selesai jawaban
diserahkan kepada guru untuk dinilai. (disiplin)
d) Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas mencari
gambar yang merupakan suatu peristiwa menyenangkan atau menyedihkan (Tanggung Jawab )
e) Guru menutup pelajaran dengan menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan memberikan salam kemudian keluar
kelas (rasa ingin tahu)
H. Alat dan
Sumber Bahan
§ Alat Peraga : gambar pengalaman vandi dengan keluarga saat berlibur di
pantai
§ Sumber buku :
o Indrastuti ; Penny
Rahmawaty. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial
1 untuk SD/MI kelas I/. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (Hal 65-78)
o Jaruki, Muhammad. 2008. Bahasa Kita Bahasa
Indonesia 1 SD Dan MI Kelas 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional. (131-139)
I.
Penilaian
1.
Prosedur tes
a.
Tes dalam proses : Diskusi
berpasangan
b.
Tes akhir :
Uji
kompetensi
2.
Jenis tes
a.
Tes lisan : Diskusi berpasangan
b.
Tes tertulis : Uji kompetensi
c.
Tes sikap : Pengamatan sikap siswa
selama proses
pembelajaran
3.
Instrument tes
a.
Gambar (terlampir)
b.
Lembar Kerja siswa (terlampir)
c.
Lembar Soal Uji Kompetensi (terlampir)
d.
Lembar kunci jawaban (terlampir)
e.
Lembar Penilaian (terlampir)
Semarang,
3 April 2013
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Praktikan
Rustantiningsih,
S.Pd, M.Pd Evi
Sulistyorini
NPP : NPM :10120256
apa artinya gambar tunggal, mohon jawabannya trims...
BalasHapus