RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN TEMATIK
(RPP TEMATIK)
Nama Sekolah
: SD Krapyak
Tema
: Kegiatan sehari-hari
Kelas/Semester :
II (dua) /2(dua)
Alokasi Waktu :
1 x 15 Menit
A. Standar
Kompetensi
IPA
3.
Mengenal berbagai sumber energi yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
IPS
2.
Memahami kedudukan
dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
B. Kompetensi
Dasar
IPA
3.3 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya dan bunyi) yang
ada di lingkungan
sekitar.
IPS
2.2 Mendeskripsikan
kedudukan dan peran anggota keluarga.
C. Indikator
IPA
3.3.1
Menunjukkan sumber-sumber energi (yang menghasilkan
panas, bunyi, listrik dan
cahaya) dalam kehidupan sehari-hari. (C1)
IPS
2.2.1 Menjelaskan peran
anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari. (C2)
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui Percobaan siswa dapat menunjukkan
sumber-sumber energi (yang menghasilkan
panas, bunyi, listrik
dan cahaya) dengan tepat.
2.
Melalui gambar kegiatan sehari-hari siswa dapat menjelaskan peran
anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
Religius, Rasa hormat dan perhatian, Disiplin, keterbukaan,
rasa ingin tahu, kreatif, inovatif, Kerjasama, Tanggung jawab, Gigih, Menghargai prestasi.
|

E. Materi
Ajar
IPA
Sumber-sumber
energi (panas, bunyi listrik dan cahaya)
IPS
Peran
anggota keluarga
F. Metode
Pembelajaran
1.
Model PAIKEM, Picture and picture
2.
Metode Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, dan Percobaan
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal ( ±3 menit)
1.
Memulai
pembelajaran dengan mengucapkan salam. (Rasa Hormat dan perhatian)
2.
Ketua kelas
memimpin doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
(Religius)
3.
Menanyakan kabar
siswa dan melakukan presensi. (Rasa perhatian dan Disiplin)
4.
Mengecek kesiapan
dan kerapian peserta didik dengan berkeliling. (Peduli)
5.
Guru menyampaikan
tema pembelajaran. (Keterbukaan)
6.
Guru
melakukan apersepsi dengan bertanya pada siswa : (Rasa ingin tahu)



(dengan
memberikan pertanyaan tersebut siswa akan terpancing untuk berfikir masuk ke
dalam materi yang akan disampaikan)
B. Kegiatan
Inti ( ±9 menit)
a.
Eksplorasi
1.
Guru menempelkan
gambar dipapan tulis. (Gambar orang yang sedang melakukan pekerjaan rumah
dengan menggunakan energi panas) (Kreatif)
2.
Siswa mengamati
gambar yang ditempel dipapan tulis oleh guru. (Rasa Ingin Tahu)
3.
Siswa mengamati gambar
tersebut dari segi sumber energi yang digunakan. (inovatif)
4.
Siswa menyebutkan
sumber energi lainnya dengan bantuan dari guru. (inovatif)
5.
Siswa mengamati
gambar kembali dari segi peran anggota keluarga pada gambar dengan dibantu oleh
guru. (inovatif)
6.
Siswa menyebutkan
contoh-contoh peran anggota keluarga lainnya. (inovatif)
b.
Elaborasi
1.
Siswa mendengarkan
petunjuk secara lisan dari guru mengenai bagaimana pecobaan secara kelompok
harus dilaksanakan sebelum dibentuk kelompok. (Profesional)
2.
Siswa dibentuk
kelompok yang beranggotakan 4-5 anak (kerjasama)
3.
Perwakilan kelompok
mengambil alat peraga untuk percobaan (Mandiri)
4.
Guru membagikan
lembar kerja siswa untuk petunjuk percobaan siswa. (Kreatif)
5.
Siswa melakukan
percobaan dan guru menuntun dan mengarahkan siswa. (Peduli)
6.
Siswa menulis hasil
percobaan di lembar kerja siswa. (Gigih
7.
Siswa mengumpulkan
lembar kerja siswa dan alat peraganya. (Tanggung Jawab)
8.
Perwakilan maju
kedepan untuk membacakan hasil percobaan mereka. (Tanggung Jawab).
c.
Konfirmasi
1.
Memberikan reward kepada kelompok yang cepat selesai dan hasil diskusinya benar. ( menghargai prestasi)
2.
Memberikan penguatan baik verbal maupun non verbal pada
peserta didik yang sudah berhasil menyelesaikan tugas. (menghargai
prestasi)
3.
Guru memberikan
soal evaluasi secara individu. (Mandiri)
C.
Kegiatan Akhir (± 3 menit)
1.
Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan
materi pembelajaran mengenai sumber-sumber energi . (tanggung jawab)
2.
Siswa bersama-sama guru bernyanyi lagu
sumber-sumber energi (Modifikasi
dari lagu bintang kejora) (Inovatif)
Sumber Energi
sumber energi panas itu matahari
sumber energi listrik
plta dan aki
energi cahaya itu
senter dan lampu
lonceng, bel, peluit adalah sumber energi bunyi
3.
Guru
memberikan tugas/pekerjaan rumah (PR) kepada siswa untuk mencari benda-benda di
rumah siswa yang menggunakan energi listrik, di catat di buku tugas. (Tanggung Jawab)
4.
Ketua kelas memimpin doa (Religius)
5.
Menutup
pembelajaran dengan salam kemudian guru keluar kelas. (Religius)
H. Sumber Belajar
a.
Anwar, Sjaeful., Cucu
Suhendar .2008. Mari belajar ilmu
pengetahuan alam 2 untuk kelas II/SD/MI/. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional. Halaman 90-98.
b.
Kuswanto,.
y suharjanto. 2008. ilmu pengetahuan sosial untuk sekolah dasar/mi kelas
2.Jakarta: pusat perbukuan, departemen pendidikan nasional. Halaman 72-74.
c.
Gambar kegiatan
sehari-hari (Ibu yang sedang memasak).
I.
Penilaian
Prosedur Penilaian : Penilaian Proses dan akhir
1)
Penilaian Proses :
Melalui penilaian aktivitas siswa saat percobaan, diskusi
dan tanya jawab
2)
Penilaian Akhir :
Melalui penilaian tertulis dengan bentuk pilihan ganda
dan uraian.
Mengetahui, Semarang, 4 Oktober 2012
Dosen Pengampu Praktikan
Haidar Rohbiyatun,
S.Pd. Evi
Sulistyorini
NPP. 12036302710098 NPM. 10120256
trim sip
BalasHapusmedia untuk peragaannya apa teh? kok gaada di rpp itu?
BalasHapus