Rabu, 10 April 2013

RPP Tematik kelas 1 semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :           SDN Krapyak 1
Tema                           :           Pengalaman
Kelas / Semester          :           1(Satu) / 2(Dua)
Alokasi Waktu            :           1 X 35 Menit
Pertemuan ke-             :           5
 

A.    Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
6.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng
IPS
2.  Mendiskripsikan lingkungan rumah

B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal/gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah diengerti
IPS
2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga

C.    Indikator
Bahasa Indonesia
6.1.1  Menjelaskan isi gambar tunggal sederhana menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
IPS
2.1.1 Menceritaka peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui gambar pengalaman bersama keluarga siswa dapat menjelaskan isi gambar tunggal sederhana menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dengan baik
2.      Melalui metode Think pair and sharing siswa dapat menceritakan peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga dengan baik

*  
Religius, Peduli, Disiplin, Keterbukaan, Rasa ingin tahu, Kerjasama, berani,  Tanggung jawab, Gigih, Menghargai prestasi.


 
Karakter siswa yang diharapkan : 






E.     Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Menjelaskan isi gambar sederhana
IPS
Peristiwa penting di lingkungan keluarga

F.     Metode Pembelajaran
1.      Example non Example (Contoh dengan gambar)
2.      Tanya Jawab
3.      TPS (Think Pair and Sharing)
4.      Penugasan

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (5menit)
a)      Sebelum memulai pelajaran, semua siswa berdoa terlebih dahulu sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. (Religius)
b)      Guru melakukan presensi kehadiran siswa (disiplin)
c)      Guru menanyakan kabar siswa dan mengecek kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran (peduli)
d)     Guru menyampaikan tema pembelajaran yaitu “Pengalaman” (Terbuka)
e)      Guru memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa melalui tanya jawab sebelum masuk ke materi (rasa ingin tahu):
Anak-anak siapa yang punya pengalaman bersama keluarga?”
“Seperti apa pengalamanmu tersebut?”
“menyenangkan atau menyedihkan?”
“Mengapa kalian ingat dengan pengalaman tersebut?”

2.      Kegiatan Inti (20 menit)
Eksplorasi
a)    Siswa diperlihatkan gambar “pengalaman vandi saat berlibur dengan keluarga di pantai” (rasa ingin tahu)
b)   Siswa mengamati gambar tersebut dan bertanya jawab dengan guru mengenai isi gambar tersebut (rasa ingin tahu)
c)    Guru memimpin tanya jawab tersebut dengan memberikan pancingan-pancingan pada siswa, seperti
d)   “Gambar apakah ini?, apa yang dilakukan vandi dalam gambar tersebut?, Dengan siapa vandi? Dimana vandi dan keluarganya berlibur?” (rasa ingin tahu)
e)    Siswa memikirkan jawaban dari pertanyaan guru tersebut dengan bantuan dari guru. (rasa ingin tahu)

Elaborasi
a)      Siswa dibentuk berpasangan (Kerjasama)
b)      Siswa diberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk petunjuk pengerjaan siswa tetapi guru harus tetap membacakan petunjuknya (Keterbukaan)
c)      Siswa diminta menceritakan gambar suatu pengalaman pada gambar dengan kalimat yang sederhana kemudian bercerita dengan pasangannya tentang pengalaman yang dialami dengan keluarganya (Gigih)
d)     Kemudian berganti peran siswa yang mendengarkan bergantian bercerita, dan siswa yang bercerita bergantian mendengarkan (Gigih)
e)      Guru menawarkan pada siswa yang ingin menceritakan suatu pengalaman dalam gambar dan bercerita pengalamannya didepan kelas dengan cara angkat tangan terlebih dahulu (berani dan tanggung jawab)

Konfirmasi
a)      Siswa bersama dengan guru membahas cerita peristiwa penting di lingkungan keluarga(rasa ingin tahu)
b)      Siswa yang maju menerima reward dari guru berupa koin bintang.  (menghargai prestasi)

3.      Kegiatan Penutup  (0menit)
a)      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. (rasa ingin tahu)
b)      Siswa bersama dengan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari. (disiplin)
c)      Siswa mengerjakan uji kompetensi untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dalam menguasi materi, setelah selesai jawaban diserahkan kepada guru untuk dinilai. (disiplin)
d)     Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas mencari gambar yang merupakan suatu peristiwa menyenangkan atau menyedihkan (Tanggung Jawab )
e)      Guru menutup pelajaran dengan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan memberikan salam kemudian keluar kelas (rasa ingin tahu)

H.    Alat dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga      : gambar pengalaman vandi dengan keluarga saat berlibur di pantai
§  Sumber buku   :
o   Indrastuti ; Penny Rahmawaty.  2007. Ilmu Pengetahuan Sosial 1 untuk SD/MI kelas I/. Jakarta: Pusat Perbukuan  Departemen Pendidikan Nasional. (Hal 65-78)
o   Jaruki, Muhammad. 2008. Bahasa Kita Bahasa Indonesia 1 SD Dan MI Kelas 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (131-139)

I.       Penilaian
1.      Prosedur tes
a.    Tes dalam proses            : Diskusi berpasangan
b.    Tes akhir                         : Uji kompetensi
2.      Jenis tes
a.       Tes lisan                        : Diskusi berpasangan
b.      Tes tertulis                    : Uji kompetensi
c.       Tes sikap                       : Pengamatan sikap siswa selama proses
pembelajaran
3.      Instrument tes
a.       Gambar                                                             (terlampir)
b.      Lembar Kerja siswa                                          (terlampir)
c.       Lembar Soal Uji Kompetensi                           (terlampir)
d.      Lembar kunci jawaban                                     (terlampir)
e.       Lembar Penilaian                                              (terlampir)


                                                                                        Semarang, 3 April 2013
Mengetahui                                                                           
Dosen Pembimbing                                                       Praktikan


Rustantiningsih, S.Pd, M.Pd                                        Evi Sulistyorini
NPP :                                                                              NPM :10120256

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar