Jumat, 12 April 2013

RPP TEMATIK KELAS 2 SEMESTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
(RPP TEMATIK)
Nama Sekolah         : SD Krapyak
Tema                       : Kegiatan sehari-hari
Kelas/Semester       : II (dua) /2(dua)
Alokasi Waktu        : 1 x 15 Menit

A.      Standar Kompetensi
IPA
3.    Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
IPS
2. Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

B.       Kompetensi Dasar
IPA
3.3     Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya dan bunyi) yang ada di  lingkungan sekitar.
IPS
2.2 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.

C.      Indikator
IPA
3.3.1        Menunjukkan sumber-sumber energi (yang menghasilkan panas, bunyi, listrik dan cahaya) dalam kehidupan sehari-hari. (C1)
 IPS
2.2.1      Menjelaskan peran anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari. (C2)


D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui Percobaan siswa dapat menunjukkan sumber-sumber energi (yang menghasilkan panas, bunyi, listrik dan cahaya) dengan tepat.
2.      Melalui gambar kegiatan sehari-hari siswa dapat menjelaskan peran anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
Religius, Rasa hormat dan perhatian, Disiplin, keterbukaan, rasa ingin tahu, kreatif, inovatif, Kerjasama, Tanggung jawab, Gigih, Menghargai prestasi.


 

                     *           Karakter siswa yang diharapkan :      



E.       Materi Ajar
IPA
Sumber-sumber energi (panas, bunyi listrik dan cahaya)
IPS
Peran anggota keluarga

F.       Metode Pembelajaran
1. Model PAIKEM, Picture and picture
2. Metode Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, dan Percobaan

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal ( ±3 menit)
1.      Memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam. (Rasa Hormat dan perhatian)
2.      Ketua kelas memimpin doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. (Religius)
3.      Menanyakan kabar siswa dan melakukan presensi. (Rasa perhatian dan Disiplin)
4.      Mengecek kesiapan dan kerapian peserta didik dengan berkeliling. (Peduli)
5.      Guru menyampaikan tema pembelajaran. (Keterbukaan)
6.      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya pada siswa : (Rasa ingin tahu)
                                             *         Kegiatan apa yang kalian sering kerjakan dirumah?
                                             *         Siapa yang sering membantu orang tua?
                                             *         Kegiatan apa yang sering ibu kalian kerjakan dirumah?
(dengan memberikan pertanyaan tersebut siswa akan terpancing untuk berfikir masuk ke dalam materi yang akan disampaikan)

B.     Kegiatan Inti ( ±9 menit)
a.      Eksplorasi
1.         Guru menempelkan gambar dipapan tulis. (Gambar orang yang sedang melakukan pekerjaan rumah dengan menggunakan energi panas)  (Kreatif)
2.         Siswa mengamati gambar yang ditempel dipapan tulis oleh guru. (Rasa Ingin Tahu)
3.         Siswa mengamati gambar tersebut dari segi sumber energi yang digunakan. (inovatif)
4.         Siswa menyebutkan sumber energi lainnya dengan bantuan dari guru. (inovatif)
5.         Siswa mengamati gambar kembali dari segi peran anggota keluarga pada gambar dengan dibantu oleh guru. (inovatif)
6.         Siswa menyebutkan contoh-contoh peran anggota keluarga lainnya. (inovatif)

b.      Elaborasi
1.         Siswa mendengarkan petunjuk secara lisan dari guru mengenai bagaimana pecobaan secara kelompok harus dilaksanakan sebelum dibentuk kelompok. (Profesional)
2.         Siswa dibentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 anak (kerjasama)
3.         Perwakilan kelompok mengambil alat peraga untuk percobaan (Mandiri)
4.         Guru membagikan lembar kerja siswa untuk petunjuk percobaan siswa. (Kreatif)
5.         Siswa melakukan percobaan dan guru menuntun dan mengarahkan siswa. (Peduli)
6.         Siswa menulis hasil percobaan di lembar kerja siswa. (Gigih
7.         Siswa mengumpulkan lembar kerja siswa dan alat peraganya. (Tanggung Jawab)
8.         Perwakilan maju kedepan untuk membacakan hasil percobaan mereka. (Tanggung Jawab).

c.       Konfirmasi
1.         Memberikan reward kepada kelompok yang cepat selesai dan hasil diskusinya benar. ( menghargai prestasi)
2.         Memberikan penguatan baik verbal maupun non verbal pada peserta didik yang sudah berhasil menyelesaikan tugas. (menghargai prestasi)
3.       Guru memberikan soal evaluasi secara individu. (Mandiri)

C.     Kegiatan Akhir (± 3 menit)
1.         Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi pembelajaran mengenai sumber-sumber energi . (tanggung jawab)
2.         Siswa bersama-sama guru bernyanyi lagu sumber-sumber energi  (Modifikasi dari lagu bintang kejora) (Inovatif)
Sumber Energi
sumber energi panas itu matahari
sumber energi listrik plta dan aki
energi cahaya itu senter dan lampu
lonceng, bel, peluit adalah sumber energi bunyi
3.         Guru memberikan tugas/pekerjaan rumah (PR) kepada siswa untuk mencari benda-benda di rumah siswa yang menggunakan energi listrik, di catat di buku tugas. (Tanggung Jawab)
4.         Ketua kelas memimpin doa (Religius)
5.         Menutup pembelajaran dengan salam kemudian guru keluar kelas. (Religius)

H.      Sumber Belajar
a.         Anwar, Sjaeful., Cucu Suhendar .2008.  Mari belajar ilmu pengetahuan alam 2 untuk kelas II/SD/MI/. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 90-98.
b.         Kuswanto,. y suharjanto. 2008. ilmu pengetahuan sosial untuk sekolah dasar/mi kelas 2.Jakarta: pusat perbukuan, departemen pendidikan nasional. Halaman 72-74.
c.         Gambar kegiatan sehari-hari (Ibu yang sedang memasak).

I.         Penilaian
Prosedur Penilaian : Penilaian Proses dan akhir
1)      Penilaian Proses :
Melalui penilaian aktivitas siswa saat percobaan, diskusi dan tanya jawab
2)      Penilaian Akhir :
Melalui penilaian tertulis dengan bentuk pilihan ganda dan uraian.

Mengetahui,                                                    Semarang, 4 Oktober 2012
            Dosen Pengampu                                            Praktikan


Haidar Rohbiyatun, S.Pd.                            Evi Sulistyorini
NPP. 12036302710098                                  NPM. 10120256


2 komentar: